12 Apr 2014

Antisipasi Asteroid, NASA Bikin Pesawat Khusus

(Foto: Mashable)


CALIFORNIA - NASA memulai konstruksi pesawat luar angkasa untuk mengikat asteroid yang bergerak menghampiri Bumi. Pesawat ini rencananya akan diluncurkan dari Kennedy Space Center di Florida pada musim gugur 2016.

Dilansir Mashable, Jumat  (11/4/2014), armada luar angkasa ini dinamakan OSIRIS-REx yang akan mendekati asteroid bernama Bennu. Asteroid ini diprediksi mendekati Bumi pada 2018.

OSIRIS-REx memiliki kesempatan beberapa tahun untuk menjelajahi luar angkasa dan mengeksplorasi asteroid. Pesawat luar angkasa ini juga akan mengambil sampel asteroid tersebut untuk di bawa ke Bumi.

Dante Lauretta, profesor sains planet di University of Arizona mengatakan, ada rencana NASA untuk membuat pesawat luar angkasa khusus. Perencanaan matang diharapkan menghasilkan pencapaian sukses pada misi ini.

NASA juga berencana memilih asteroid terbaik untuk menjadi target penelitian. "Ada sekira 700 ribu asteroid di sistem tata surya," ungkap Lauretta.

Ia mengatakan, peneliti harus memilih satu dari ratus ribuan asteroid tersebut dan meluncurkan pesawat luar angkasa. Peneliti mencari ukuran asteroid dengan diameter 200 meter.

0 Comment:

Posting Komentar