10 Apr 2014

Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz yaitu sebuah taman nasional yang terletak di provinsi Papua, Indonesia. Dengan luas wilayah yang mencapai sebesar 25.000 km² Lorentz merupakan taman nasional terbesar se- Asia Tenggara. Taman ini masih belum dipetakan, dijelajahi, dan banyak terdapat tanaman asli, hewan, dan budaya. Pada saat tahun 1999 taman nasional ini diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.
Di wilayah Taman Nasional Lorentz terdapat persediaan mineral dan operasi pertambangan aktif berskala besar. Juga ada Proyek Konservasi Taman Nasional Lorentz yang terdiri dari sebuah inisiatif masyarakat untuk konservasi komunal dan ekologi warisan yang berada di sekitar Taman Nasional Loretz.
Dari  mulai tahun 2003 hingga kini, WWF-Indonesia Region Sahul Papua sedang mengerjakan pemetaan wilayah adat dalam kawasan Taman Nasional Lorentz. Tahun 2003- 2006, WWF telah mengerjakan pemetaan di Wilayah Taman Nasional Lorentz yang berada di Distrik (Kecamatan) Kurima Kabupaten Yahukimo, dan pada tahun 2006-2007 pemetaan dilakukan di Distrik Sawaerma Kabupaten Asmat. Nama taman nasional ini diambil dari seorang Penjelajah asal Belanda, Hendrikus Albertus Lorentz, yang melakukan ekspedisi dan melewati daerah tersebut pada tahun 1909.

Galeri Gambar

0 Comment:

Posting Komentar