13 Apr 2014

Charger Ini Bisa Isi Penuh Baterai Ponsel dalam 30 Detik


Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mengisi ulang baterai smartphone? Tiga jam? Satu jam? atau kurang dari satu menit saja? Kini, peneliti dari Israel telah berhasil menciptakan sebuah charger atau pengisian daya yang mampu mengisi penuh daya baterai pada smartphone hanya dalam waktu 30 detik saja.
charger
Teknologi charger ini dikembangkan oleh departemen nanoteknologi dari Universitas Tel Aviv Isreal bersama StoreDot. Kini, sebuah prototipe dari charger tersebut tengah dipamerkan dalam ajang konferensi Think Next yang didukung oleh Microsoft di Tel Aviv.
Teknologi dari charger tersebut, seperti dikutip dari The Guardian, menggunakan senyawa organik yang dipatenkan oleh StoreDot, bernama ‘Nanodots‘. Senyawa tersebut bukanlah berbahan kimia berbasis lithium yang menjadi standar dalam teknologi baterai saat ini, namun berbasiskan nanoteknologi.
StoreDot berencana membua charger yang kompatibel dengan berbagai smartphone dan perangkat elektronik lainnya yang memakai baterai, seperti tablet dan laptop. Rencananya juga, perangkat charger akan tersedia dalam waktu kurang dari tiga tahun mendatang dan memiliki harga sekitar US$ 30.
Pihaknya pun telah menerima pendanaan sebesar US$ 6 juta guna merampungkan teknologi tersebut agar tersedia di pasar dalam waktu lebih cepat. StoreDot pun berharap, dapat mengecilkan ukuran charger agar lebih mudah dibawa ke mana saja. Saat ini, prototipe dari perangkat tersebut masih seukuran charger standar laptop.

0 Comment:

Posting Komentar