13 Apr 2014

Pergi ke Luar Angkasa dengan Lift, Mungkinkah?

Space Elevator

Menjelajahi luar angkasa dengan bebas saat ini masih menjadi sebuah hal yang tidak memungkinkan untuk dilakukan oleh semua orang. Pasalnya, untuk bisa menjelajahi luar angkasa masih membutuhkan roket khusus dengan akses yang terbatas kepada astronot terlatih saja. Walau sempat terdengar kabar akan layanan perjalanan tour ke luar angkasa, tentunya hal tersebut masih belum bisa terealisasikan dan akan memakan biaya yang tidak sedikit. Bisa melakukan perjalanan ke luar angkasa dengan mudah mungkin adalah suatu hal yang masih mustahil.
Ide mengenai akses yang lebih mudah untuk ke luar angkasa yang sempat tercetus adalah dengan membangun lift luar angkasa (space elevator). Konsep ini sempat diperkenalkan oleh ilmuwan dari Rusia pada tahun 1985, akan tetapi teknologi yang dibutuhkan masih belum secanggih sekarang pada waktu itu. Kini, ilmuwan dari Academy of Astronautics (IAA) mencetuskan bahwa kemungkinan lift luar angkasa itu dapat dibangun tidaklah kecil.
Studi yang dilakukan oleh IAA ini secara garis besar terdiri dari dua hal. Pertama, mereka mengatakan bahwa lift luar angkasa ini punya kemungkinan untuk dibangun dengan teknologi modern saat ini. Kedua, lift luar angkasa ini tentunya akan memakan biaya yang tidak sedikit dan butuh pendanaan yang sangat besar untuk studi, penelitian, hingga pembuatannya.
Berbeda dengan pesawat luar angkasa, lift luar angkasa ini akan berjelajah dari Bumi menuju orbit Bumi dengan kecepatan yang mirip dengan kecepatan yang dimiliki oleh kereta berkecepatan tinggi dan akan makan waktu sekitar satu minggu untuk sampai. Bukan perjalanan yang cepat memang, tetapi dari segi biaya IAA melihat bahwa membangun lift luar angkasa ini akan memakan biaya yang jauh lebih sedikit daripada pesawat luar angkasa.
Walau begitu, untuk bisa membangun lift luar angkasa ini membutuhkan teknologi yang harus lebih canggih lagi ketimbang yang dimiliki saat ini. Bisa jadi, lift ini baru akan terealisasikan puluhan tahun mendatang. Namun pihak IAA cukup optimis bahwa suatu hari nanti lift luar angkasa ini dapat terwujud.

0 Comment:

Posting Komentar